Beranda
Tips
Tips 5 Jawaban Cerdas Saat Ditanya Soal Gaji
Bank Ilmu
Agustus 19, 2020

Tips 5 Jawaban Cerdas Saat Ditanya Soal Gaji

Baik fresh graduate maupun kandidat yang sudah berpengalaman kerap merasa kebingungan saat mendapat pertanyaan, "Berapa gaji yang Anda inginkan?' dalam wawancara kerja. Padahal, jika jawaban kurang tepat, maka akan mempengaruhi penilaian pewawancara terhadap kandidat.

Menjawab pertanyaan jumlah gaji yang diinginkan ternyata ada triknya. Disitat dari Buku 99 Tips Jobs Interview karangan Dewi Anggiani, berikut ini lima jawaban cerdas yang bisa kamu ungkapkan kepada pewawancara.

Pertama, kandidat bisa menjawab tidak memiliki jumlah gaji yang khusus. Namun, ungkapkan jumlah gaji yang pernah diterima di perusahaan sebelumnya. Misalnya, "Saya tidak memiliki jumlah gaji yang khusus, tetapi gaji saya sekira Rp4 jutasampai Rp5 juta beberapa tahun terakhir."

Kedua, ungkapkan bahwa kamu termasuk kandidat yang fleksibel dalam menerima gaji namun tetap dalam jumlah yang pantas. Kalimatnya bisa seperti ini, "Saya fleksibel dan terbuka untuk berdiskusi paket kompensasi yang pantas. Namun gaji terakhir saya sekira Rp5 juta hingga Rp7 juta."

Ketiga, berikan jawaban bahwa gaji yang kamu terima disesuaikan dengan kisaran standar perusahaan dan pengalaman. Ungkapkan kamu terbuka untuk berdiskusi dengan memberi masukan nominal yang diharapkan. Sebelumnya, lakukan riset untuk memastikan penawaran terendahmu adalah penawaran tertinggi perusahaan.

Keempat, kandidat juga bisa menyinggung fasilitas yang akan didapatkan di luar gaji. Hal ini bukan bertujuan untuk meminta lebih, tetapi untuk menilai apakah standar gaji yang diberikan sudah termasuk beberapa faktor yang belum didiskusikan sebelumnya, seperti fasilitas, tunjangan, atau bonus.

Kelima, menjawab pertanyaan seputar gaji yang diinginkan bisa dengan cara, "Sebelum saya memberikan penawaran gaji, bisakan Anda jelaskan lagi tentang tanggung jawab dan target pada posisi ini?" Dengan begitu, kamu bisa menilai apakah gaji yang diberikan perusahaan sebanding atau tidak dengan tanggung jawab dan tugas yang diemban

Penulis blog

Tidak ada komentar