10 July 2018

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu Atau Penipuan

Setiap orang tentunya ingin mendapatkan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan untuk kebutuhan hidupnya. Dewasa ini mencari info lowongan pekerjaan sangatlah mudah. dibantu lagi dengan perkembangan tekologi yang sangat mendukung serta sangat mudah dan cepat digunakan.

Akan tetapi, dari banyak lowongan pekerjaan tentunya ada yang memanfaatkan teknologi untuk membuat informasi palsu atau lowongan pekerjaan dengan mengatasnamakan perusahaan.

Karena kemudahan akses informasi seperti social media atau search engine seperti google, bing, yahoo! sangatlah mudah untuk share dan berbagi informasi yang mendorong orang bertanggung jawab memanfaatkan untuk hal kejahatan.

Dari banyaknya lowongan kerja, silahkan kenali ciri-ciri lowongan kerja palsu atau penipuan.
Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu Atau Penipuan

1. Pendidikan terakhir dan jabatan tidak masuk akal

Contohnya seperti ini, ijazah terakhir anda SMA. Tetapi informasi yang di tawarkan di lowongan tersebut adalah asissten manager di perusahaan. Itu jelas tidak masuk akal alias penipuan. Bagi yang masih awam tentunya akan melamar pekerjaan tersebut karena jabatanya menggiurkan. Tetapi bagi anda pada point ini harus sangat di perhatikan. Mengingat informasi lowongan macam ini tentunya aneh dan tidak masuk akal karena iming iming jabatan yang tinggi serta ijazah terakhir tidak sesuai.

2. Nama perusahaan tidak pernah ada (Fiktif)

Pada lowongan kerja palsu tentunya akan memberikan informasi lowongan kerja untuk nama perusahaannya tidak ada atau tidak pernah terdengar sama sekali. Jika anda menerima lowongan, silahkan cari di google dengan mengetikan nama perusahaan tersebut. jika ada dan informasi yang di google tersebut lengkap dan terpercaya maka lowongan tersebut benar. jika sebaliknya lowongan tersebut palsu atau penipuan.

3. Alamat tidak jelas dan tidak valid.

Jika lowongan kerja tersebut tidak benar, maka ketika anda mengtikan alamat PT tersebut di google, maka akan berbeda. itu sudah jelas lowongan kerja palsu atau penipuan

4. Bayar uang lalu bisa bekerja

Nah untuk hal seperti ini sudah sering terjadi. Mereka meminta uang kepada anda padahal anda belum bekerja dengan nominal yang besar jelas itu adalah palsu atau penipuan.

5. Minimum gaji fantastis

Jika anda di tawarkan gaji yang besar denganijazah yang tidak sesuai tentunya anda harus curiga pada lowongan tersebut. Kenapa? karena untuk gaji yang besar tentunya tidak sembarangan persyaratan dan ketentuannya untuk bekerja di perusahaan tersebut. maka dari itu anda harus berhati hati.

Kemajuan teknlogi tentunya sangan mudah tersebarnya informasi. Nah disarankan kepada anda untuk menseleksi berbagai informasi yang beredar. seperti contohnya adalah lowongan kerja palsu atau penipuan. dengan melihat 5 point di atas tentunya anda senantiasa waspada dengan lowongan kerja palsu yang berakibatkan kerugian bagianda. Demikian informasinya, semoga bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait

Dimohon untuk berkomentar yang baik dan benar
EmoticonEmoticon